Selamat membaca
Rakor Pokjanal Posyandu Kab. Karawang
semoga bermanfaat amiin...

Pengunjung

Rakor Pokjanal Posyandu Kab. Karawang

" Sabisa-bisa Kudu Bisa" Posyandu Jawa Barat Pasti Bisa

"Anak adalah orang tua di masa depan. Demi masa depan perhatikan gizi yang baik ”.

Rakor Pokjanal Posyandu Kab. Karawang

KARAWANG-Mengingat keberadaan Posyandu yang  memegang peranan  penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, serta Guna meningkatkan dan memantapkan kinerja Posyandu dalam melayani kesehatan Ibu dan anak di Kabupaten Karawang. Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) gelar rapat koordinasi Pokjanal Posyandu 2014 yang dibuka oleh Sekda kabupaten Karawang Drs.H.Teddy Rusfendi Sutisna, bertempat di Gedung Singaperbangsa komplek Pemda Karawang Rabu (12/2). Dihadiri Ketua TP PKK Hj.Nurlatifah Swara, Kepala SKPD serta Kader Posyandu se-Kabupaten Karawang.

Mengawali sambutannya Sekda menyampaikan, bahwa keberadaan dan peranan Posyandu dimanapun       tidak bisa terlepas dari fungsi dan peranan Tim Penggerak PKK, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Kabupaten. Karena Tim Penggerak PKK pada tingkatan manapun menduduki posisi yang strategis  serta merupakan kader penggerak terselenggaranya kegiatan posyandu secara optimal” imbuhnya.
Lanjutnya, oleh karena itu, dalam setiap kesempatan, Kami senantiasa menghimbau kepada gerakan PKK  di setiap level, untuk lebih memberikan perhatian pada peningkatan fungsi dan peranannya, baik untuk PKK sendiri, maupun bagi Posyandu sebagai basis kegiatan pelayanan terpadu, serta lebih memotivasi masyarakat, sehingga akan tergugah kesadarannya untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakannya serta terus aktif dalam kegiatan PKK dan Posyandu”, tegas Sekda.

Sementara itu ketua TP PKK menyampaikan, kegiatan ini sangatlah Positif, untuk itu kepada para kader Saya harap dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh sebagai tambahan bekal ilmu dalam menjalankan tugas sebagai kader Posyandu yang selama ini diemban’ harapnya.

Masih menurut Ketua TP PKK, maju mundurnya suatu bangsa tidak lagi ditentukan oleh sumber daya alamnya semata, akan tetapi lebih ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas tidaklah mudah karena menyangkut berbagai hal. salah satu yang sangat menentukan adalah derajat kesehatan seseorang, yang secara umum dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku hidup sehat, pelayanan dan fasilitas kesehatan” demikian ungkapnya.

Sedangkan dalam laporannya Drs.Akhmad Hidayat selaku ketua penyelenggara menyampaikan, bahwa kegiatan Pokjanal Posyandu Kabupaten Karawang akan dilaksanakan dimulai dari pendistribusian bantuan, Rakor perencanaan Posyandu Desa/Kelurahan serta Kecamatan, Sosialisasi di tingkat Desa/Kelurahan, monitoring oleh Pokjanal Kecamatan, Evaluasi triwulan, serta Pelaporan. Sementara untuk anggaran Posyandu sendiri bersumber dari Pemerintah untuk kegiatan Posyandu yang ada di Kabupaten Karawang yang berjumlah 2.248 tahun 2014, dengan tingkatan Strata: Pratama, Madya, Purnama, serta Mandiri dengan jumlah Kader sebanyak 11.135 orang, dari jumlah posyandu tersebut yang mendapat bantuan untuk fisik baru sebanyak 29 Unit Posyandu dengan jumlah bantuan sebesar Rp.25.000.000/Posyandu dengan rincian Rp.23.000.000 untuk bangunan dan Rp.2000.000 untuk kelengkapannya. Serta untuk operasional pengurus Posyandu yaitu sebesar Rp.1.750.000/Posyandu, Pokja Posyandu Desa/kelurahan sebesar Rp.1.000.000/desa, Pokjanal Posyandu Kecamatan Rp.2.500.000/Pokjanal, sedangkan untuk Posjanal Kabupaten sebesar Rp.100.000/Posyandu.

Untuk Posyandu dan pengurus Posyandu yang mendapat bantuan fisik pada acara tersebut, akan dilanjutkan untuk mengikuti bimbingan teknis tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Februari 2014 di Hotel Jatiluhur. (@opa)

sumber : http://jabarprov.go.id/index.php/news/8241/2014/02/12/Rakor-Pokjanal-Posyandu-Kab-Karawang 


0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Entri Populer

Template Oleh trikmudahseo